Fitur Apple Music HiFi untuk HomePod

Menghirup udara segar bagi pecinta musik. Karena Apple telah mengumumkan bahwa Smart Speaker (Smart Speaker) miliknya akan mendapatkan akses ke Apple Music Hifi melalui pembaruan. Hal ini tentu akan lebih menarik untuk dibahas.

Seperti yang kita ketahui, fitur lossless Apple Music baru ini juga dikenal sebagai Apple Music HiFi. Pekan lalu, kabar ini sempat menjadi perbincangan hangat dan banyak diperdebatkan karena adanya informasi mengenai fitur ini yang akan hadir di speaker Siri milik Apple.

Meski informasi yang beredar masih minim dan belum bisa diketahui secara detail, kini semuanya telah berubah. Dengan munculnya dokumen baru, Apple telah mengonfirmasi bahwa fitur lossless streaming juga akan hadir di perangkat HomePod dan HomePod Mini.
Kapan Apple memperbarui perangkat lunak?

Namun, untuk melakukan ini, pembaruan firmware harus dilakukan terlebih dahulu untuk perangkat. “Saat ini, HomePod dan HomePod mini menggunakan AAC [Advanced Audio Codec] untuk memastikan kualitas audio yang prima. Dukungan tanpa kerugian akan datang dalam pembaruan perangkat lunak di masa mendatang, ”tulis Apple.

FYI, HomePod dan HomePod mini terhubung ke jaringan rumah melalui Wi-Fi, jadi kecepatan data setidaknya cukup untuk tingkat lossless pertama yang ditawarkan Apple. Ini mungkin berdampak kecil di area di mana koneksi internet masih tidak stabil.

Sistem pemutaran lossless didasarkan pada kode internal Apple ALAC (Apple Lossless Audio Codec). Menurut perusahaan, ini dimulai dengan 16 bit pada 44,1 kHz dalam “kualitas CD”. Ini juga bisa dilakukan dengan speaker pintar.

Audio lossless naik hingga 48kHz, yang dapat diputar langsung di Mac, iPhone, dan iPad. Kemungkinan perangkat seperti HomePod dan HomePod mini juga akan segera muncul. Selain itu, Apple Music juga menawarkan “High-Resolution Lossless” hingga 192 kHz, namun hal ini membutuhkan hardware tambahan berupa USB digital-to-analog converter (DAC).
Kualitas audio yang luar biasa tanpa kehilangan

Headphone dan penyumbat telinga dari Apple umumnya masih berfungsi dengan sangat baik. Dokumen dukungan baru mengatakan bahwa pembuat AirPods, AirPods Pro dan AirPods Max, dan headphone dari anak perusahaan Beats menggunakan kodek Bluetooth AAC Apple “untuk kualitas audio yang superior”. Namun, koneksi Bluetooth saat ini tidak mendukung audio lossless.

Satu-satunya cara untuk menikmati streaming lossless di Apple AirPods Max adalah dengan kruk. Anda dapat menggunakan kabel jack Lightning mini 3,5mm yang mengintegrasikan konverter A/D-nya sendiri.

Itu kemudian dapat dihubungkan ke perangkat yang mengaktifkan ALAC dengan koneksi analog dan pemutaran dapat dimulai. Semua informasi ini dikutip langsung dari situs panas.

Inovasi dari Apple selalu dinantikan oleh para pecinta dunia teknologi. Meski hadir dengan harga yang lumayan mahal, banyak pengguna yang selalu merasa nyaman menggunakan produk tersebut.

Sumber :