Sudah Daftar Kartu Telkomsel Anda? Berikut Cara Mendaftar

Telkomsel merupakan salah satu penyedia jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Jumlah pelanggan Telkomsel telah menjangkau ke berbagai daerah, bahkan hingga pelosok tanah air. Cakupan yang luas serta kekuatan jaringan yang stabil dan cepat menjadikan Telkomsel sebagai provider dengan jumlah pengguna yang cukup besar.

Meski sudah banyak bermunculan operator seluler lain, Telkomsel mampu menjaga kualitas layanannya agar pelanggan setianya tidak beralih ke provider lain. Pada 2018, jumlah pengguna Telkomsel mencapai 150 juta. Sementara itu, pada 2019, meski jumlahnya turun, pelanggan Telkomsel berada di kisaran 167,8 juta dan pengguna internet 111,2 juta.

Angka ini masih cukup tinggi, mengingat terbitnya peraturan baru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang pendaftaran kartu prabayar Telkomsel sebelum digunakan. Adanya peraturan ini tentu saja membuat masyarakat tidak mudah untuk berganti kartu.

Informasi tentang pendaftaran kartu Telkomsel juga banyak dicari karena baru pertama kali dilaksanakan dan masyarakat belum banyak mengetahui cara melakukannya. Jika ShopBackers juga pelanggan Telkomsel dan ingin tahu cara daftar kartu prabayar Telkomsel, simak informasinya di bawah ini.
Registrasi Kartu Telkomsel Via SMS
Sumber gambar: pexels.com

Sebenarnya ada dua cara untuk mendaftarkan kartu Telkomsel; melalui SMS dan online. Namun, pendaftaran kartu Telkomsel melalui SMS lebih banyak dikenal dan diterapkan. Pasalnya, pendaftaran melalui SMS terbilang mudah, sehingga siapa saja bisa melakukannya. Sedangkan jika Anda online, pastikan Anda memiliki paket data yang aktif.

Meski terbilang mudah, Anda harus memastikan memiliki pulsa agar pendaftaran kartu Telkomsel via SMS berjalan lancar. Berikut caranya:

Pasang kartu Telkomsel Anda ke smartphone Anda. Saat Anda mengaktifkan kembali ponsel cerdas Anda, menu pop-up untuk permintaan pendaftaran kartu baru akan muncul. Hal ini akan terjadi pada setiap nomor Telkomsel baru yang baru saja diaktifkan dan digunakan.
Buka menu Pesan/Pesan pada ponsel cerdas Anda. Pertama masukkan nomor penerima di kotak penerima pesan. Ketik 4444 sebagai nomor penerima pesan.
Selanjutnya pada kolom pesan, Anda harus mengetikkan format SMS untuk registrasi kartu Telkomsel. Formatnya REG NIK#Nomor KK#. Jika Anda telah mengetik pesan sesuai dengan format, maka kirimkan saja.
Contoh pengiriman SMS dengan format ini adalah REG 11223345566778#1237896543#, dan kirimkan ke 4444. NIK adalah nomor registrasi kependudukan yang biasanya ada di KTP atau KK, di sebelah nama Anda. Sedangkan nomor KK adalah nomor kartu keluarga yang terletak di bagian atas lembar kartu keluarga.

Cara di atas merupakan langkah untuk mendaftarkan kartu Telkomsel baru yang belum pernah diaktifkan atau digunakan sebelumnya. Sedangkan untuk ShopBackers yang sudah memiliki kartu Telkomsel namun belum mendaftarkannya, bisa mengikuti langkah berikut. Perlu diingat bahwa pendaftaran kartu Telkomsel berlaku untuk kartu baru dan lama.

Buka menu Pesan/Pesan pada ponsel cerdas Anda. Ketik nomor penerima, yaitu 4444.
Setelah itu, pada kolom pesan, Anda harus mengetikkan format daftar ulang yang mirip dengan cara daftar kartu Telkomsel baru, namun berbeda pada bagian REG.
Untuk pengguna lama, ketik REPEAT NIK#Nomor KK#. Misalnya RETURN 112233445566#1237894445674# dan kirimkan ke 4444.

Baca juga:

Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Tercepat dan Termudah!
3 Cara Cek Nomor XL, Gampang Banget!

Registrasi Kartu Telkomsel Online
Sumber gambar: pexels.com

Selain melakukan registrasi kartu Telkomsel melalui SMS ke 4444, Anda juga dapat melakukan registrasi secara online. Pendaftaran online ini dilakukan dengan cara login ke website tertentu dan Anda mengisi beberapa kolom data yang lengkap.

Beberapa informasi data pribadi yang akan dibutuhkan ShopBackers saat melakukan registrasi kartu Telkomsel melalui website adalah NIK, nomor KK, dan nomor kartu Telkomsel. Informasi yang dibutuhkan ini tidak jauh berbeda dengan informasi pendaftaran melalui SMS. Berikut cara lengkapnya:

Kunjungi website telkomsel.com/registrasiprapaid dan ikuti langkah-langkah pendaftaran yang tertera di website.
Siapkan data pribadi pendukung seperti nomor NIK di KTP, nomor KK di atas kartu keluarga, dan nomor Telkomsel Anda. Isi data diri ini dengan benar agar proses berjalan lancar.
Jika sudah selesai berarti anda telah berhasil mendaftarkan nomor Telkomsel anda.

Cara registrasi kartu Telkomsel baik melalui SMS ke 4444 maupun melalui website dapat digunakan untuk layanan kartu prabayar dari Telkomsel seperti Simpati, Loop, dan Kartu AS.

Sumber :